Rabu, 12 Juni 2013

Belajar Hemat BBM di Tahun 2013

Di tahun 2013 ini ada kabar kurang mengenakkan, yakni adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Pertamax. Apalagi isu yang berkembang lagi, adanya pembatasan penggunaan premium. Dua kabar ini paling tidak membuat Honda Lovers dag-dig-dug.

Namun, bagi motor Honda Lovers sebagai pengguna motor Honda yang terkenal dengan teknologi irit bahan bakar, tak salah bila mulai mengenal lebih dekat dengan cara-cara penggunaan teknologi irit BBM ala motor Honda.

Pertama dimulai dengan pemahaman pemanasan mesin motor Honda Anda, dalam hal ini sebetulnya tidak butuh waktu yang sangat lama untuk memanaskan mesin motor. Motor Honda dalam memanaskan mesin cukup butuh waktu sekitar maksimal 5 menit, dengan posisi gear pada posisi netral.

Berikutnya jangan menggeber atau menarik gas secara secara banyak dan berulang-ulang, karena hal ini sangat mempengaruhi proses pembakaran bahan bakar secara cepat atau banyak. Jadi biasakan lakukan penarikan gas secara konstan dan bertahap.

Anda juga harus selalu sesuaikan penggunaan gigi persneling dengan kecepatan laju motor kamu. Contohnya untuk motor dengan 4 jumlah gigi percepatan: gigi 1 untuk kecepatan (0-20 km/jam), gigi 2 untuk kecepatan (20-40 km/jam), gigi 3 untuk kecepatan (40-60 km/jam), dan gigi 4 untuk (60 km/jam ke atas).

Penggantian spare parts motor standar pabrik Honda (orisinil) dengan tipe racing atau merk lain seperti knalpot, karbu, ban, gear dan lainnya, juga berpengaruh terhadap boros atau tidaknya bahan bakar yang digunakan. Lebih baik gunakan Honda Genuine Parts yang kualitasnya sudah terjamin untuk sepeda motor Honda. Rawat dan serviskan motor Honda kesayangan kamu secara berkala di bengkel resmi Honda (AHASS). Karena kerusakan kecil seperti busi yang aus, rem yang tidak berfungsi maksimal, dan pelumas transmisi yang rendah juga bisa mempengaruhi atau mengganggu efisiensi penggunaan bahan bakar. Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda dan pahami kinerja teknologi mesin irit bahan bakar ala Honda, karena motor irit pasti Honda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar